oRHbgJWzqDSgZSsRf3MPjqQl4rCQrxLQICf9zrlA

jangan-jangan

 Pernahkah kamu merasakan kondisi-kondisi di bawah ini?
jangan-jangan


Duh, jauh banget tempat kajiannya.. besok-besok kalau deket, saya berangkat!

Kayaknya gak nyampek ini kalau saya ke tempat halaqah. Bakal bentar banget saya di sana.

Yah.. hujan. Niatnya tadi mau belajar di tempat ustaz Fulan.
Kondisi atau situasi di mana niat membara dalam dada, tetapi ketika Allah percikkan sedikit ujian untuk menguji kesungguhan niat itu, kobaran niat yang tadi menyala, seolah meredup. Atau bahkan mati.

Subhanallah.

Tempat kajian terasa jauh. Padahal, tempat tersebut -- sebuah majelis ilmu merupakan taman-taman surga yang ada di dunia.

Rasulullah shalallahu 'alaihi wassalam berpesan pada para sahabat dan umatnya,

"Apabila kamu melewati taman-taman surga, maka singgahlah dengan rasa cinta. Para sahabat bertanya: Apakah taman-taman surga itu? Nabi menjawab: Halaqah-halaqah atau kelompok majelis zikir." (HR. Tirmdizi, 3510)

Batal berangkat karena cuma dapat sekian-sekian waktu saja di tempat halaqah. FYI, gaes.. sekian-sekian waktu tersebut adalah waktu-waktu berhargamu dikelilingi malaikat-malaikatNya.

Rasulullah shalallahu 'alaihi wassalam bersabda,

"Tidak duduk sekelompok orang yang melaksanakan zikir kepada Allah azza wa jalla, kecuali para malaikat mengelilingi mereka, rahmat Allah meliputi mereka, ketenangan turun kepada mereka dan Allah subhanahu wa ta'ala menyebut nama mereka di hadapan para malaikat yang ada pada sisi-Nya." (HR. Muslim, 2700)

Hujan yang seharusnya jadi saksi perjalananmu menuju majelis ilmu malah seolah jadi penghalangmu menuju tempat mulia itu. Apa kamu gak mau namamu disebut-sebut Allah di kalangan malaikat?

Rasulullah shalallahu 'alaihi wassalam bersabda,

"Tidaklah berkumpul sekelompok orang dalam satu rumah dari rumah-rumah Allah. Mereka membaca kitab Allah (al-Qur’an) dan saling belajar di antara mereka (berdiskusi) kecuali mereka dikaruniai ketenangan, dinaungi oleh rahmat Allah. Para malaikat mengelilingi mereka, dan Allah subhanahu wa ta'ala menyebut mereka di kalangan para malaikat." (HR. Muslim, 4867)

Tempat jauh, waktu yang (mungkin) cenderung singkat, dan juga cuaca yang silih berganti tentu sebaiknya tidak menjadi "musuhmu" dalam menggapai keutamaan-keutamaan di atas.

Jauhnya tempat berarti semakin banyak pahala yang didapat. Waktu yang singkat namun sarat ilmu. Dan juga cuaca - baik panas maupun hujan - mustinya menjadi sahabatmu.

Karena...

Jangan-jangan waktumu di dalam majelis ilmu hari itu, merupakan waktu paling berkah dalam hidupmu.
TerlamaLebih baru

Posting Komentar

Silakan untuk berkomentar dengan santun. Akan kami jawab, apabila ada pertanyaan seputar artikel yang ditulis.